Tips Sukses Setelah Tes Tulis CPNS

Friday, November 14th 2014. | Berita

tes tertulis cpns 2014

Setelah melakukan tes tulis CPNS dan lulus, biasanya Anda akan dihadapkan lagi dengan beberapa seleksi lanjutan. Mulai dari seleksi kesehatan, wawancara hingga tahapan spesial, yaitu tahap menunggu pengumuman hasil seleksi yang pasti membuat Anda penasaran. Dan pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa tips tentang apa saja yang harus Anda lakukan ketika melakukan seleksi kesehatan, wawancara, dan saat-saat ketika Anda menantikan pengumuman hasil seleksi CPNS.

  1. Seleksi Kesehatan
  2. Seleksi Wawancara
  3. Menunggu Pengumuman
  • Syarat seleksi kesehatan ini biasanya ditentukan sendiri oleh instansi yang terkait. Maka dari itu Anda harus mengetahui kesehatan apa saja yang harus diperiksa dan di mana tempat pemeriksaan kesehatannya.
  • Ketahui juga biaya tes kesehatannya, jadwal tes kesehatannya, dan berkas-berkas apa yang harus diperlukan dan harus diambil.
  • Biasanya cukup banyak pelamar yang berguguran di tahapan seleksi wawancara. Maka dari itu, persiapkanlah materi-materi yang berkaitan dengan instansi yang Anda daftar dengan baik. Mulai dari visi misi, struktur organisasi, dan berbagai hal yang berkaitan tentang jabatan Anda nantinya.
  • Tetap tenang ketika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara.
  • Pancarkan rasa percaya diri pada saat sesi wawancara. Nah, rasa percaya diri ini bisa Anda latih beberapa hari sebelum anda melakoni sesi wawancara tersebut. Misalnya dengan cara berbicara di depan cermin.
  • Mintalah saran dari orang lain untuk menilai cara berbicara anda mulai dari jawaban yang Anda utarakan, body language, dan sebagainya.
  • Berpakaianlah dengan rapi dan sopan
  • Sebelum datang ke lokasi tes wawancara, jangan lupa sarapan. Atau jika wawancara dilaksanakan pada siang hari, datanglah lebih awal dan sempatkan makan siang sebelum masuk ruang wawancara. Jangan sampai Anda kelaparan, yang justru bisa mengurangi tingkat konsentrasi Anda. Kecuali Anda memang sedang berpuasa.

Saat-saat menunggu pengumuman hasil seleksi adalah saat yang paling mendebarkan dan pasti membuat Anda penasaran. Anda memang bisa lebih bersantai dan memiliki waktu luang lebih banyak dibandingkan dengan sebelum melakukan tes seleksi.

Nah, manfaatkanlah waktu luang tersebut untuk memperbanyak doa dan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Jika Anda beragama Islam Anda bisa merutinkan sholat-sholat sunnah seperti sholat tahajud, sholat hajat, sholat dhuha, rutin membaca Al-Qur’an, sering-sering bersedekah, dan sebagainya agar doa Anda dikabulkan oleh Allah SWT. Apabila Anda beragama lain Anda juga harus sesering mungkin memanjatkan doa kepada Tuhan YME agar harapan Anda dikabulkan oleh-Nya. Selain itu, Anda juga harus meminta doa kepada kedua orang tua Anda.

Jika nantinya Anda gagal atau tidak lulus, jangan berkecil hati. Jangan patah semangat dan selalu berpikir positif. Jika Anda memang ingin menjadi PNS, di tahun-tahun berikutnya Anda bisa mencoba lagi sampai Anda berhasil.

 


Facebook Google + Twitter
Tags: , , ,