Tips Sebelum Mengikuti Tes CPNS

Wednesday, January 28th 2015. | Artikel

Banyak orang yang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan mereka. Salah satu jenis pekerjaan yang sangat diimpikan banyak orang adalah menjadi PNS. Yupss… menjadi PNS memang dirasa menyenangkan, jam kerja yang tidak terlalu panjang, gaji yang lumayan besar, berbagai tunjangan dan lainnya. Hal inilah yang membuat banyak orang berlomba-lomba berusaha melamar untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

tes cpns

Sayangnya, untuk menjadi PNS tidak semudah membalikan telapak tangan. Karena ada banyak tes yang harus dilewati, mulai dari tes komputer, tes tertulis, hingga tes wawancara. Hal ini dikarenakan pemerintah tidak ingin asal-asalan dalam memilih PNS supaya kinerja mereka nantinya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Nah..jika anda benar-benar ingin melamar menjadi PNS maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan yaitu :

Melakukan Pendaftaran

Yupss… tahap pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Belakangan ini, pendaftaran CPNS dilakukan secara online agar lebih teratur. Cari informasi yang jelas mengenai lowongan PNS yang kosong supaya nantinya anda tidak kebingungan.

Mempelajari Materi Tes

Supaya anda berhasil di setiap lulus dalam setiap tes CPNS, maka anda harus mempelajari semua materi yang akan diujikan, seperti materi psikotes, matematik, dan lainnya. Sehingga nantinya pada saat ujian anda bisa mengerjakan semua tes tersebut dengan mudah. Selain itu, kuatkan juga mental anda, agar pada saat tes wawancara anda tidak merasa canggung atau grogi.

Bersikap Tenang

Terkadang, banyak peserta CPNS yang merasa tegang sebelum mengikuti tes CPNS, akibatnya banyak dari mereka yang bingung pada saat menjawab soal tes CPNS karena terlalu tegang sehingga tidak bisa konsentrasi. Maka dari itu, tenangkan diri anda sejenak dan pelajari dengan benar semua materi tes sampai masuk ke dalam pikiran anda.

Berdoa Meminta yang Terbaik

Cara terakhir yang paling penting yaitu berdoa kepada yang Maha Kuasa agar anda bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Untuk anda yang beragama islam bisa melakukan shalat tahajud dan salat dhuha agar bisa lulus pada saat mengikuti tes CPNS nantinya.

Nah.. itulah beberapa tips yang harus anda lakukan sebelum mengikut tes CPNS. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.


Facebook Google + Twitter