Panduan CPNS

Tips Menjawab Soal CPNS Sinonim, Antonim dan Padanan Kata

Tips Menjawab Soal CPNS Sinonim, Antonim dan Padanan Kata

Tips Menjawab Soal CPNS Sinonim, Antonim dan Padanan Kata (Tes CPNS Kemampuan Verbal). Artikel ini akan membahas berbagai contoh soal tes cpns kemampuan verbal yang meliputi soal padanan kata, sinonim dan antonim.

Tes Kemampuan verbal merupakan bagian dari Test Intelegensia Umum (TIU) yang merupakan Kisi-Kisi Tes Kompetensi Dasar . Bagi yang belum membaca silahkan baca artikel Materi dan Kisi-Kisi Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan agar sukses mengerjakan soal cpns padanan kata ini. Sebelum membahas ke bagian Tips Menjawab Soal CPNS disini saya akan memberikan contoh soal padanan kata terlebih dahulu.

Contoh Soal: KAKI : SEPATU
A. Cat : Kuas
B. Meja : Ruangan
C. Telinga : Anting
D. Cincin : Jari
E. Topi : Kepala

Jawaban C
Sepatu dikenakan di kaki (urutannya sepatu dulu baru kaki). Jika anda mencari jawaban maka urutanya juga harus dari belakang.

Tips Menjawab Soal CPNS Padanan Kata

1. Temukan Kata Kunci
Yang paling penting dalam menghadapi soal semacam ini adalah menemukan kata kunci atau hubungan KHUSUS/ UNIK dari dua atau lebih kata yang diberikan.

2. Temukan Hubungan
Semakin KHUSUS atau SPESIFIK, maka akan semakin mudah untuk menemukan hubungan yang paling sesuai. Jika hubungan bersifat terlalu umum, maka alaternatif jawaban biasanya masih sulit untuk ditentukan yang paling tepat.

Contoh: KAKA TUA : MERPATI.

Jika kita menentukan bahwa hubungannya adalah SAMA-SAMA BINATANG, maka itu masih bersifat terlalu umum. Artinya, jika ada pilihan jawaban gajah:semut, elang:kupu-kupu, gurame:kakap, dsb maka semua bisa benar karena mereka sama-sama binatang.

Tapi cobalah anda pilih hubungan yang lebih khusus, misalnya kaka tua:merpati adalah sama-sama burung, maka jawaban yang tepat adalah gurame:kakap yaitu sama-sama ikan.

3. Temukan Sebab Akibat
Jika telah menemukan hubungan kata tetapi masih bingung, maka buatlah katakata tersebut menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan hubungan analogi yang ada atau kausalitas (sebab akibat).

4. Temukan Urutan
Hubungan kata harus mempunyai urutan yang sejalan/searah dengan soal. Seperti contoh soal sepatu dikenakan di kaki (urutannya sepatu dulu baru kaki).

Jika anda mencari jawaban, maka urutannya juga harus dari belakang. Anda tidak boleh memilih ‘cincin dikenakan di jari’, karena urutannya terbalik. Maka yang benar adalah anting dikenakan di telinga.

Tips Menjawab Soal CPNS SINONIM (Persamaan Kata)

Jangan memilih kata yang memiliki bunyi mirip dengan soal, karena kami telah mengamati bahwa jawaban seperti itu adalah 95% salah!. Artinya kemungkinan untuk benar hanya sekitar 5%.

Dan kami menyebut jawaban seperti itu adalah jawaban konyol dan itulah JEBAKAN SOAL. Jika anda memilih jawaban seperti itu, maka bisa jadi anda termasuk orang yang agak konyol.

Contoh Soal: APORISMA = …
A. Apriori
B. Maksimal
C. Bentuk
D. Pendekatan
E. Prima

Yang kami cetak tebal (A dan E) adalah contoh jawaban yang konyol. Maka anda tinggal memilih 3 jawaban yang lain.

Contoh lagi: DEHIDRASI = …
A. Deliberasi
B. Proses penyusutan air
C. Kehilangan cairan tubuh
D. Dekapitalisasi
E. Proses penyaringan

Seandainya Anda menjawab kata yang di cetak tebak (A dan E) pada contoh satu dan (A dan d) pada contoh dua maka akan menjadi konyol. Sekarang tentu Anda tinggal memilih 3 jawaban yang lain.

Tips Menjawab Soal CPNS ANTONIM (Lawan Kata)

Untuk menjawab soal cpns Antonim Anda perlu mengamati pilihan jawaban dengan teliti. Carilah 2 jawaban yang berlawanan, seringkali jawaban soal ANTONIM berada berada pada salah satu dari dua kuta yang berlawan tersebut.

Contoh Soal: KHAS >< …
A. KHUSUS
B. WABIL KHUSUS
C. INKLUSIF
D. EKSKLUSIF
E. UMUM

Untuk kata-kata yang latin/ ilmiah, utamakan memilih jawaban yang mirip dengan soal.

Contoh: KONKAF >< …
A. Konveks
B. Optik
C. Lensa
D. Cekung
E.  Konveksi

Contoh: ANTIPATI >< ……
A. Melawan
B. Setuju
C. Lekas mati
D. Simpati
E. Bertahan hidup

Hati-Hati pada saat anda mengerjakan soal cpns Antonim. Jangan sampai anda berpikir bahwa Anda sedang mengerjakan soal sinonim (persamaan kata).Hal ini sering sekali terjadi pada peserta tes.

Dimana ketika di tengah-tengah tes, ia tak sadar telah menjari jawaban yang merupakan sinonimnya bukan lawan katanya.Apalagi biasanya soal sinonim dan antonim berdekatan waktu pengerjaanya.
Contoh : KHAS >< …
A. KHUSUS
B. WABIL KHUSUS
C. INKLUSIF
D. EKSKLUSIF
E. UMUM

Biasanya karena tergesa-gesa banyak yang secara tidak sadar menjawab KHUSUS, padahal yang dicari adalah lawan kata dari khas, yaitu UMUM!.

Sebenarnya Tes Sinonim dan Antonim adalah untuk mengukur seberapa luas wawasan seseorang. Orang yang mengenali banyak kata biasanya adalah orang yang rajin membaca, terutama katakata yang berasal dari disiplin ilmu yang beragam.

Tips Menjawab Soal CPNS Sinonim, Antonim dan Padanan Kata yang kami berikan di atas adalah berdasarkan pengalaman mengerjakan soal-soal psikotes, serta berfungsi untuk meminimalkan kesalahan.

Bagaimanapun, jelas tidak mungkin bahwa kami dapat dengan segera mengubah seseorang menjadi cerdas dengan paham berbagai jenis kata. Namun anda tidak perlu berkecil hati. Kemampuan ini biasanya dimiliki secara rata-rata oleh peserta ujian.

Jika anda ingin menambah perbendaharaan kata yang belum anda ketahui, sering-seringlah untuk membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top