Ribuan CPNS di Makassar Terancam Tidak Lolos Seleksi

Friday, November 14th 2014. | Berita

Tes seleksi CPNS Makassar

Seleksi CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil 2014 saat ini telah memasuki tahapan akhir. Panitia seleksi nasional atau panselnas CPNS pun mulai menjadwalkan pengumuman seleksi pada pekan kedua atau ketiga bulan November

Untuk mengetahui pengumuman resmi hasil seleksi CPNS bisa dilihat dari situs resmi kemenpan-RB di menpan.go.id. Dari hasil rapat dan hasil seleksi, ternyata sebagian besar peserta seleksi CPNS tidak bisa memenuhi passing grade atau ambang batas kelulusan CPNS dan terancam gagal, menyusul para peserta yang sebelumnya telah gagal karena nilainya tidak memenuhi syarat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Makassar, M Kasim Wahab mengatakan bahwa kelulusan CPNS yang harus dan wajib melewati passing grade memang cukup mengkhawatirkan. Akan tetapi BKD tetap optimis bahwa jatah CPNS kota di tahun 2014 ini akan tetap terpenuhi meskipun harus lulus dengan passing grade yang minim.

Sejak bulan Agustus hingga bulan September lalu, di kota Makassar terdapat kurang lebih 7.742 pelamar secara online untuk mengikuti seleksi CPNS. Dan untuk seleksi dengan sistem CAT atau Computer Assisted Test hanya diikuti oleh 1.800 peserta saja yang diselenggarakan di Kantor Regional IV BKN Makassar. Dipastikan sebanyak 1.720 peserta seleksi CPNS akan terancam gagal karena persaingannya sangat ketat.

Ditambah lagi dengan ancaman lain karena passing grade atau ambang batas kelulusan TKD yang sudah dinaikkan. Akan tetapi kenaikan passing grade hanya terjadi pada kategori soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi) saja, sedangkan dua kategori soal lainnya yaitu TIU (Inteligensia Umum) dan TWK (Wawasan Kebangsaan) batasnya masih sama dengan tahun sebelumnya.

Untuk TKP, passing grade yang ditetapkan adalah 72 persen dari nilai maksimal 175. Untuk kategori soal TIU jumlah soalnya berjumlah 30 soal, dan nilai maksimal adalah 150. Passing grade TIU ini adalah 50% dari nilai maksimal. Sedangkan passing grade untuk kategori soal TWK adalah 40% dari nilai maksimal dari keseluruhan soal berjumlah 35.

Hingga saat ini prosentase keterisian formasi dan ambang batas kelulusan atau passing grade masih menunggu kepastian. Kabid Informasi BKD Makassar, Muh Ihsan pun mengatakan bahwa mereka masih belum punya data hasilnya. Jadi mereka belum tahu berapa jumlah peserta yang lulus dan berapa jumlah peserta yang tidak diterima. Muh Ihsan juga mengatakan bahwa hanya formasi Bahasa Mandarin saja yang tidak lulus, sedangkan smeua formasi akan terisi.

Bagi para peserta seleksi CPNS yang lulus TKD atau Tes Kompetensi Dasar selanjutnya akan mengikuti tes selanjutnya, yaitu TKB atau Tes Kompetensi Bidang utnuk memperebutkan tempat di 88 formasi yang disediakan. Dan nantinya bisa saja ada formasi yang kosong karena kelulusan CPNS tahun 2014 ditentukan oleh passing grade, bukan peringkat.

 


Facebook Google + Twitter
Tags: , ,