Revolusi Mental Bagi Aparatur Negara

Saturday, November 15th 2014. | Berita

Revolusi mental PNS

Baru-baru ini, Presiden Republik Indonesia, Joko widodo kerap menyoroti prilaku Pegawai Negeri Sipil di Tanah Air. Alhasil, Jokowi mengambil tindakan tegas dengan mencanangkan Revolusi Mental bagi birokrat untuk memperbaiki kerusakan yang ada dalam dunia birokrat tanah air. Kesalahan penting yang perlu dibenahi adalah mental para birokrat yang kerap hanya mekan gaji buta tanpa pengabdian berarti kepada Negara.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Crisnadi mengatakan bahwa revolusi mental merupakan proses revitalisasi dari cara berpikir, cara bekerja, dan cara menyelesaikan segenap permasalahan bangsa. Revolusi mental memerlukan kesadaran dan keikhlasan, tidak hanya kesadaran dan keikhlasan yang biasa saja, tetapi kesadaran dan keikhlasan yang mutlak dari seluruh pimpinan dan juga segenap elemen bangsa dalam pelaksanaannya.

Tidak hanya mengingatkan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi masa bakti kabinet Jokowi ini menyampaikan amanah Presiden Joko Widodo agar segenap jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), POLRI, juga TNI mengubah cara pandang atau mindset dan kebiasaan atau culture, dari yang biasanya minta dilayani menjadi aparatur yang siap melayani masyarakat. Aparatur Negara harus hadir di tengah masyarakat dan melayani masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Sebagai aparat keamanan, POLRI wajib hadir di tengah masyarakat. Bukan unguk menakut-nakuti, tetapi untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Secara pribadi, anggita polisi sebaiknya juga menyatu dengan denyut nadi kehidupan sehari-hari masyarakat. Dengan demikian, polisi bisa tahu persis apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.seperti yang sudah dicontohkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi juga menginstruksikan kepada seluruh aparatur Negara, baik Pegawai Negeri Sipil, POLRI, maupun TNI agar senantiasa menjadi teladan bagi masyarakat.

Sikap teladan yang bisa dijadikan contoh kepada masyarakat, antara lain hidup sederhana, disiplin, selalu bersikap ramah, murah senyum, tidak korupsi, rajin bekerja, dan menunjukkan kinerja yang baik. Juga tentunya selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, kapanpun dibutuhkan oleh masyarakat. Karena menjadi aparat Negara artinya pengabdian kepada Negara.


Facebook Google + Twitter
Tags: , ,
pertanyaan tetang revolus mental bagi pns