Puteri Presiden Tak Lolos Seleksi CPNS

Saturday, November 15th 2014. | Berita

kahiyang ayu gagal tes menjadi cpns

Seleksi Pegawai Negeri Sipil memang diikuti oleh banyak masyarakat Indonesia. Calon pelamarnya pun datang dari banyak kasta dan kalangan, mulai dari anak petani hingga anak pejabat. Sorotan media pun tertuju pada puteri dari Presiden Indonesia terpilih, Jokowi, yang juga ikut ambil bagian dalam kesempatan ini.

Puteri Joko Widodo, Kahiang Ayu sempat mendaftar sebagai calon pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil 2014. Namun, sorotan media mulai tajam karena ternyata, puteri presiden Indonesia tersebut dinyatakan tidak lolos seleksi oleh Panitia Seleksi. Alasan yang dijadikan acuan adalah nilai Tes Kompetensi Dasar nya yang tidak lolos passing grade.

Nilai hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan system Computer Assisted Test (CAT) tidak bisa diubah. Panitia Seleksi menyatakan bahwa No Excuse terhadap hasil Tes Kompetensi Dasar. Tidak ada ruang untuk mengkatrol nilai yang sudah menjadi hasil tes pelamar karena nilai langsung keluar sesaat setelah tes selesai.

Dalam ketentuan Tes Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil 2014, walaupun nilai tes karakteristik pribadi nya tinggi, nilai tes intelegensi umum nya tinggi, tapi nilai wawasan kebangsaannya rendah, tatap tidak lolos passing grade. Misalnya saja, nilai tes karakteristik pribadi 175, nilai tes intelegensi umum 150, tapi nilai tes wawasan kebangsaan 65, maka tidak lolos passing grade. Jadi, semua komponen dalam tes, baik tes karakteristik pribadi, tes intelegensi umum, maupun tes wawasan kebangsaan, harus memiliki nilai di atas standar yang telah ditentukan. Jika satu komponen saja berada di bawah standar, peserta dinyatakan tidak lolos.

Hal tesebut disampaikan menanggapi berita yang sedang tranding topic di masyarakat belakangan ini, dimana sejumlah media massa menyorot puteri kedua dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Kahiyang Ayu ternyata dinyatakan tidak lolos passing grade nya dalam Tes Kemampuan Dasar yang diikutinya. Dikabarkan, Kahiang mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Solo beberapa waktu lalu. Namun, sayangnya sarjana dari Universitas Negeri Solo tersebut tidak lolos passing grade pada komponen wawasan kebangsaan.


Facebook Google + Twitter
Tags: , ,