Panduan CPNS

Mengenal Program Computer Assisted Test (CAT CPNS)

Mengenal Program Computer Assisted Test (CAT CPNS)

Mengenal Program Computer Assisted Test atau CAT CPNS dalam seleksi penerimaan CPNS baru. Computer Assisted Test (CAT) merupakan suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Kebijakan baru kembali dikeluarkan pemerintah pusat terkait pengadaan seleksi penerimaan CPNS. Sistem pelaksanaan Tes CPNS telah diujicoba pada tahun 2014 (Saat ini masih terus ditingkatkan pembangunan infrastrukturnya).

Metode Computer Assisted Test (CAT CPNS) ini telah mengubah sistem tes cpns lama Lembar Kertas Jawaban (LJK) dengan program komputer CAT. Standar Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tersebut diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil dan menjamin Standar Kompetensi Dasar CPNS yang dilakukan melalui Computer Assited Test (CAT).

Program Computer Assisted Test (CAT CPNS) merupakan hasil bench mark/studi banding dari Negara-negara yang telah menggunakan CAT. Misalnya Civil Service Commission di Philipina, terutama untuk merekrut Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pada penerapannya di Indonesia CAT, BKN mengembangkannya dengan beberapa perubahan yang disesuaikan dengan norma, situasi dan kondisi sistem kepegawaian di Indonesia. Kini Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memiliki instalasi CAT di 12 titik kantor regional (kanreg) BKN dan akan terus bertambah pada tahun setelah sukses diterapkannya ujian seleksi CPNS menggunakan CAT pada tahun 2014.

Baca Juga : Kisi-Kisi Soal CPNS Resmi

Seleksi CPNS dengan sistem CAT ini, suatu program komputer diciptakan khusus untuk kebutuhan seleksi CPNS. Soal-soal CPNS yang telah ditetapkan panitia yang berwenang dibuat dan kemudian soal-soal ujian CPNS tersebut disajikan dalam bentuk program komputer dan proses seleksi bisa dilakukan cukup melalui layar komputer dengan instruksi-instruksi khusus.

Program Computer Assisted Test (CAT CPNS)

Menurut BKN, Sistem Rekrutmen dan Seleksi dengan Computer Assisted Test (CAT) maksud dan tujuannya yaitu untuk:
1. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian
2. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
3. Menetapkan standar nilai

Keunggulan dan Manfaat Penggunaan CAT CPNS
1. Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet
2. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh
3. Komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan)
4. Penilaian dilakukan secara obyektif
5. Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperoleh.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top