Penilaian Passing Grade Lebih Mudah dengan CAT

Wednesday, November 19th 2014. | Berita

nilai passing grade CPNS

Pelaksanaan ujian CPNS yang menggunakan sistem CAT di Kabupaten Bintan sudah mulai berjalan sejak hari Sabtu (15/11/204). Sampai saat ini tercatat sudah ada 750 peserta CPNS yang ikut serta ujian di Gedung Inepstorat, Bintan. Sistem CAT yang dilakukan terbilang lancar tanpa adanya hambatan yang besar sehingga seluruh peserta bisa mengerjakan ujian dengan tenang dan nyaman.

Penggunaan sistem Computer Assesment Test (CAT) sangat membantu penilaian hasil test setiap peserta dengan cepat. Hasis Sumarsono selaku Kabit Mutasi BKD (Badan Kepegawaian Daerah) mengungkapkan, para peserta bisa langsung mengetahui apakah mereka lolos tes atau tidak karena sistem nilai akan langsung keluar setelah ujian selesai secara otomatis.

Dengan adanya sistem CAT seperti ini, maka para peserta tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui nilai mereka. Sistem kelulusan dilihat dari jumlah passing grade yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Sehingga, jika nilai para peserta masih dibawah standar passing grade maka dinyatakan tidak akan lulus.

Selain itu, Panitia Seleksi Nasional juga menegaskan, bahwa para peserta yang datang terlambat atau tidak membawa kartu identitas ujian maka langsung dinyatakan gugur oleh para peserta. Hal ini memang sudah peraturan yang tidak bisa diganggu gugat.

“Sampai hari ini, sudah 750 peserta yang mengikuti ujian CAT di Bintan. Satu hari kita melakukan lima sesi. Satu sesi diisi oleh 50 peserta,” ujar Hasis.

Hasis menjelaskan, setiap para peserta yang sudah lulus sesuai dengan nilai passing grade yang ditentukan kurang lebih hanya tiga sampai empat. Namun, meski nilai mereka sudah sesuai dengan passing grade atau ambang batas yang sudah ditentukan tapi jika salah satu nilai tesnya ada yang tidak mencukupi maka peserta dinyatakan tidak lulus atau gagal.

“Persentase kelulusan sangat sedikit. Untuk setiap sesi yang tamatan SMA paling banyak itu hanya empat orang, sedangkan untuk sarjana hanya satu orang,” ujar Hasis.

Yupss..bisa dibilang dari sekian banyaknya jumlah peserta yang mengikuti tes CPNS, mungkin hanya segelintir orang yang berhasil lulus ujian. Maka dari itu, diharapkan para peserta mempelajari soal CPNS dengan benar agar bisa menjawab dengan mudah.


Facebook Google + Twitter
Tags: , ,