Penggunaan Sistem CAT Mempermudah Penilaian Tes CPNS

Wednesday, November 12th 2014. | Berita

Penggunaan sistem CAT CPNS 2014

Sistem Computer Assited Test (CAT) yang digunakan untuk penilaian tes CPNS di Kota Pontianak bisa dilihat melalui monitor secara transparan dan tidak ada yang ditutupi. Semua sistem ini berpusat di ruang kontrol Kampus STMIK Pontianak tempat berlangsungnya tes CPNS ini. Sehingga, semua soal CPNS yang dijawab oleh peserta bisa langsung terlihat melalui monitor yang di ruang kontrol.

Semua nilai dari jawaban para peserta akan langsung terlihat secara real time atau bisa juga dengan memberikan rangking pada setiap jawaban secara langsung. Sehingga dari total keseluruhan peserta yang mengikuti tes CPNS akan langsung terlihat usai tes seleksinya selesai.

“Di layar monitor kelihatan siapa-siapa yang menjawab benar beserta rangkingnya,” ungkap Khairil Anwar selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pontianak.

Khairil menjelaskan bahwa peserta yang nilainya sesuai dengan passing grade yang ditentukan akan diakumulasi dan juga direkapitulasi seluruh datanya. Nantinya dari jumlah akumulasi

“Jadi tidak ada rekayasa, semua angka atau nilai itu sesuai dengan hasil yang mereka peroleh pada saat tes. Siapa yang nilainya tertinggi itu yang akan lulus,” lanjutnya.

Jika tes CPNS sudah selesai diikuti oleh peserta, maka mereka bisa melihat dan mencatat nilai mereka masing-masing untuk dicocokan dengan pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh Panselnas atau Panitia Seleksi Nasional.

Adapun orang yang memfasilitasi sistem CAT dari Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional V Jakarta, Narto, menjelaskan bahwa penilaian menggunakan sistem CAT berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Nomor 29 tahun 2014.

Di dalam Surat Keputusan tersebut menyatakan bahwa passing grade yang ditentukan yaitu 126 atau 72 % dari nilai maksimal 175 jika jawaban benar seluruhnya. Sedangkan passing grade untuk tes intelegensi umum 75 atau 50% dari nilai maksimal 150.

Dalam SK itu ditetapkan kriteria nilai ambang batas atau passing grade tes kepribadian yakni 126 atau 72 persen dari nilai maksimal 175 jika benar seluruhnya. Sedangkan tes intelegensi umum passing grade-nya 75 atau 50 persen dari nilai maksimal 150 .

Sedangkan untuk tes wawasan kebangsaan nilai passing grade yang harus dipenuhi para peserta yakni 70 atau 40% dari nilai maksimal 175.

“Jadi total keseluruhan dari 100 butir jumlah soal apabila peserta menjawab benar maka nilai keseluruhannya 500,” ujar Narto selaku Fasilitator sistem CAT.

Untuk tahapan awal pada nilai kelulusan yang harus diraih oleh para peserta yang dinyatakan lolos menjadi CPNS yaitu 271 untuk tes kepribadian, 75 untuk tes intelegensi umum dan 70 untuk tes wawasan kebangsaan. Nantinya dari nilai jawaban yang memenuhi passing grade akan ditentukan ranking untuk nilai tertinggi yang ditetapkan telah lulus secara mutlak.


Facebook Google + Twitter
Tags: , , ,