Pemerintah akan Membuka 100 Ribu Lowongan CPNS di Tahun 2015

Thursday, November 13th 2014. | Berita

Informasi tes CPNS 2015

Pemerintah berencana akan mengadakan perekrutan PNS kembali pada tahun 2015 mendatang. Pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS yang jumlahnya tidak jauh berbeda dengan tahun ini. Berdasarkan pernyataan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), bahwa pada tahun 2015 pemerintah memiliki roadmap selama 5 tahun ke depan dengan membuka lowongan sebanyak 100 ribu orang. Namun, ini hanya perencanaan saja, karena jumlah penerimaan CPNS nantinya tetap bergantung pada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Eko Prasodjo selaku Wakil Menteri PAN-RB, sebenarnya sudah membuat rencana untuk menambahkan PNS kurang lebih 100 ribu orang pada tahun depan. Jumlah quota tersebut tidak jauh berbeda dengan quota PNS tahun ini.

“Buka lowongan CPNS di 2015 kurang lebih jumlahnya sama dengan tahun ini sebanyak 100 ribu orang. Sebagian untuk PNS dan sebagian lagi berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” ujar Eko ketika ditemui di Jakarta.

Eko juga menjelaskan, sebelum ia melakukan rekrutmen CPNS pada akhir tahun, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sudah memberikan keputusan lebih dahulu dengan menerima usulan untuk memenuhi kebutuhan PNS dari Kementrian/Lembaga di tingkat pusat ataupun daerah setiap bulan April. Namun, hal tersebut masih ditunda terlebih dahulu sampai formasi CPNS selesai dibagikan.

Namun, Eko sendiri mengakui, bahwa 40 pemerintah daerah yang sebelumnya membatalkan perekrutan CPNS dengan jumlah peserta 20 ribu orang pada tahun ini sepenuhnya belum bisa dialihkan untuk perekrutan pada tahun depan. Hal ini berhubungan dengan kebutuhan setiap Kementrian/Lembaga Pusat ataupun Daerah.

“Sangat tergantung apakah daerah atau Kementerian yang bersangkutan masih membutuhan (PNS) atau nggak. Kemudian kita juga perlu melihat ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” jelas Eko.

Selain itu, Eko juga menjelaskan bahwa perekrutan CPNS pada tahun depan seutuhnya tergantung dari perintah Presiden Jokowi, karena untuk merekrut CPNS harus disesuaikan dengan kemampuan kas negara.

“Kita kan belum tahu apakah Pak Jokowi akan mengeluarkan kebijakan pengurangan belanja pegawai atau tidak,” tambah Eko.


Facebook Google + Twitter
Tags: , ,
pppk 2015