KORPRI Harus Mengabdi kepada Negara Bukan Golongan Tertentu

Thursday, November 13th 2014. | Berita

Korpri mengabdi pada negara

Walau saat ini aturan mengenai kepegawaian sudah diganti dengan Undang-Undang 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), namun posisi Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) tetap berjalan sebagai wadah profess para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Para anggota KORPRI merupakan Pegawai Negeri Sipil yang dibina langsung oleh presiden. Secara tidak langsung semua anggota KORPRI harus memberikan loyalitas yang tinggi kepada pemerintah, bukannya kepada partai politik ataupun golongan tertentu. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (DPN KORPRI), Diah Anggraeni.

“Kalau PNS masuk ke ranah partai, langsung pecat, karena nilai integritasnya sudah hilang,” tegas Diah seperti dikutip dari pesan singkat tim Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Rabu (12/11/2014).

Yuddy Chrisnandi, Menteri PAN-RB ketika menerima kunjungan dari DPN KORPRI dikantornya mengungkapkan, saat ini era birokrasi priyayi sudah berakhir dan digantikan dengan era birokrasi melayani. Hal tersebut menegaskan bahwa anggota KORPRI harus melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan juga mengabdi kepada negara Indonesia.

Bukan itu saja, Yuddy juga menjelaskan bahwa anggota KORPRI memiliki peranan yang sangat penting untuk menentukan wajah politik di Indonesia dan juga kinerja pembangunan nasional. Bagian dari sistem merit ASN yaitu azas netralitas dan integritas harus dijaga dengan baik dan dimasukkan ke dalam rancangan peraturan yang berhubungan dengan ASN.

“Sekarang, kalau direvitalisasi dan didayagunakan lalu kemudian diperankan kembali untuk pembangunan nasional maka akan menjadi akselerator yang mempercepat tujuan pembangunan nasional,” ujar Yuddy.


Facebook Google + Twitter
Tags: , , ,
contoh soal berhubungan dengan korpri,latihan soal ujian pns tentang korpri,soal dan jawaban tentang KORPRI,soal korpri