Panduan CPNS

Materi dan Kisi-Kisi Soal CPNS 2017 Resmi Dari BKN

Materi dan Kisi-Kisi Soal CPNS 2017 Resmi Dari BKN

Materi dan Kisi-Kisi Soal CPNS Tahun 2017 Resmi Dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Bentuk dan materi soal cpns tentu akan berbeda dengan bentuk soal ujian saat kita masih di bangku kuliah. Selain memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi juga memiliki jebakan soal yang harus memerlukan konsentrasi dan kecermatan penuh.

Meski demikian, tentu semua bisa saja dipelajari dan ditaklukkan dengan persiapan yang benar-benar efektif dan tepat sasaran.

Mengerjakan soal tes cpns terkadang bukan hanya sebatas masalah seberapa banyak kita telah menghapal materi-materi kemudian mengerjakan soal seperi di bangku kuliah. Akan tetapi lebih dari itu, yaitu bagaimana persiapan kita, strategi yang kita gunakan dalam menjawab soalsoal cpns.

Dalam menghadapi suatu peperangan tentu kita harus mempunyai bekal untuk mengetahui situasi dan kondisi medan perang. Informasi pasukan musuh dan lainnya, tanpa mengetahui banyak informasi tersebut maka dapat dipastikan akan mengalami kekalahan.

Seperti saat kita bermain catur, siapapun lawan kita tanpa mau dan peduli untuk mengetahui dan mempelajari apa saja yang dilakukan lawan, tentu kita akan kalah telak. Nah, begitu juga soal-soal ujian CPNS. Ingat, Soal cpns tidak sama dengan soal-soal ujian saat kita di bangku kuliah.

Coba kita cermati. Terlebih adanya konsorsium universitas maka tidak banyak soal tahun lalu yang keluar lagi dalam tes CPNS tahun selanjutnya. Belajar dengan hanya menggunakan paket SOAL-JAWAB sudah semakin kuno.

Yang harus Anda lakukan adalah mempelajari kisikisi dan memperluas pengetahuan terkait materi yang diujikan dalam tes CPNS. Semakin luas pengetahuan kita mengenai materi soal yang akan diujikan, maka peluang untuk menjawab soal tes CPNS akan semakin besar.

Dengan banyak berlatih mengerjakan soal cpns berguna untuk mengasah pengetahuan kita terkait materi ujian CPNS, bukan soal tersebut sama persis yang akan diujikan.

Jadi hindari pemborosan uang, waktu, dan pikiran kita dengan pembelian soal-soal yang tidak terkait dengan materi yang akan diujikan. Kita FOKUS mempelajari kisi-kisi soal cpns resmi yang benar-benar akan kita hadapi nantinya saat ujian cpns.

Materi dan Kisi-Kisi Soal CPNS Resmi BKN

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara(BKN) Nomor 9 tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Disebutkan dan dijelaskan kisi-kisi soal cpns dan materi apa saja yang akan diujikan dalam seleksi penerimaan CPNS Indonesia. Secara sistematik sebagai berikut:

Tes Kompetensi Dasar (TKD)
Dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD) materi yang diujikan antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakter Pribadi (TKP).

Untuk penjelasan lengkap dan kisi-kisi Tes Kompetisi Dasar ini silahkan baca pada artikel berikut: Materi Soal CPNS Tes Kompetisi Dasar (TKD).

Tes Kompetisi Bidang (TKB)
Untuk Tes Kompetisi Bidang biasanya merupakan tes CPNS tahap kedua setelah peserta lulus dari ujian tahap pertama. Ada beberapa meteri yang di ujikan dalam Tes Kompetisi Bidang ini.

Diantaranya adalah Tes tertulis, Tes praktek (performance test), Tes psikologi lanjutan, dan atau Tes wawancara. Penjelasan lengkap bisa di baca pada artikel Materi Soal CPNS Tes Kompetisi Bidang (TKB).

Computer Assisted Test (CAT)
Computer Assisted Test (CAT) suatu program komputer yang diciptakan khusus untuk kebutuhan seleksi CPNS. Soal-soal CPNS yang telah ditetapkan panitia yang berwenang dibuat dan kemudian soal-soal ujian CPNS tersebut disajikan dalam bentuk program komputer.

Proses seleksi bisa dilakukan cukup melalui layar komputer dengan instruksi-instruksi khusus. Penjelasan tentang sistem CAT ini bisa di baca pada artikel Mengenal Program Computer Assisted Test (CAT CPNS).

Silahkan klik link yang admin beriakan diatas, link tersebut berisi artikel penjelasan lengkap dan contoh soal cpns dari masing masing materi dan kisi-kisi soal cpns 2017 diatas. Untuk artikel lain seputar panduan dan tips seputar seleksi penerimaan cpns bisa di lihat pada katergori Panduan CPNS.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top