Panduan CPNS

Materi dan Kisi-Kisi Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) 2017

Materi dan Kisi-Kisi Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar

Materi dan Kisi-Kisi Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar Tahun 2017. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku peserta ujian. Materi Soal CPNS Tes Kompetisi Dasar Ini meliputi wawasan nasional, regional, dan internasional.

Selain itu juga untuk menguji kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif.

Sebelum lanjut membaca silahkan baca terlebih dahulu artikel sebelumnya yaitu Kisi-Kisi Soal CPNS Resmi BKN jika anda belum membaca tentunya. Karena artikel ini merupakan lanjutan dari artikel tersebut.

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 9 tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kisi-Kisi Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar ini terdiri atas tiga katagori, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes karakteristik Pribadi (TKP).

Materi dan Kisi-Kisi Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar

Jumlah Soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang diujikan adalah 200 soal dan waktu yang diberikan hanya 2 jam saja. Dengan rincian:

A. Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 50 soal.
B. Soal Tes Pengetahuan Umum (TPU) sebanyak 50 soal.
C. Soal Tes Karakteristik Pribadi sebanyak 100 soal.

A. Bidang Tes Wawasam Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan memiliki point untuk penilaian passing grade dengan nilai minimalnya adalah 10. Yakni dengan menjawab 20 soal dengan benar dari 50 soal yang diberiakan. Soal CPNS ini berisi materi soal yang berkaitan dengan:

1. Pancasila
2. Bhineka Tunggal Ika
3. UUD 1945
4. Tata Negara
5. Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah
6. Sejarah Indonesia
7. Bahasa Indonesia
8. Bahasa Inggris
9. Pengetahuan dan Wawasan Umum

B. Bidang Test Intelegensia Umum (TIU)

Tes Wawasan kebangsaan memiliki point untuk penilaian passing grade dengan skor/ point minimalnya adalah 15. Yakni minimal 30 jawaban yang benar dari 50 soal yang ditanyakan agar dapat melangkah ke proses selanjutnya. Soal Tes CPNS ini berisi materi soal yang berkaitan dengan:

1. Kemampuan Verbal
Soal-Soal CPNS kemampuan verbal ini berisi Tes Sinonim (persamaan kata), Tes Antonim (lawan kata), Tes Padanan hubungan kata dan Tes Pengelompokan kata.

Untuk menjawab soal seperti ini admin telah menulis tips dan trik menjawab soal cpns Sinonim, Antonim dan Padanan Kata. Silahkan Baca Tipsnya pada artikel Tips Menjawab Soal CPNS Kemampuan Verbal.

2. Kemampuan Numerik
– Tes aritmetik (hitungan)
– Tes Seri angka
– Tes Seri huruf
– Tes Logika Angka
– Tes Angka dalam cerita

3. Kemampuan Berpikir Logis dan Analisis
– Tes Logika Umum
– Tes Analisa Pernyataan
– Tes Kesimpulan Silogisme
– Tes logika Cerita

C. Bidang Test Karakteristik Kepribadian (TKP)

Test Karakteristik Kepribadian (TKP) menjadi bidang yang paling besar pengaruh nilai poinnya. Untuk penilaian passing grade dengan skor/ point minimalnya adalah 30 point.

Yakni minimal 60 jawaban yang benar dari 100 soal yang ditanyakan agar dapat melangkah ke proses selanjutnya. Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan:

1. Tes Integritas diri
2. Tes Semangat berprestasi
3. Tes Kreatifitas dan inovasi
4. Tes Orientasi pada pelayanan
5. Tes Orientasi kepada orang lain
6. Tes Kemampuan beradaptasi
7. Tes Kemampuan mengendalikan diri
8. Tes Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
9. Tes Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
10. Tes Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
11. Tes Kemamapuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top