Berita

Kemenkeu Membuka Tes Seleksi PNS untuk Mengisi 4 Jabatan Eselon I yang Kosong

Tes seleksi CPNS Kementrian Keuangan CPNS 2017 Lowongan Kerja

Sesuai dengan Undang-Undang No.5 Tahun 2017 tentang Aparatur Sipil Negara, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan peluang bagi para PNS pusat dan juga daerah untuk mengisi 4 jabatan eselon I yang kosong lewat seleksi terbuka. Hal ini diselenggarakan untuk pengisian

Adapun empat jabatan eselon I yaitu Direktur Jenderal Pajak (eselon I.a), Kepala Badan Kebijakan Fiskal (eselon I.a), Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi (eselon I.b) serta Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara (eselon I.b).

Mardiasmo selaku Wakil Menkeu, mengajak para PNS pusat dan daerah yang sudah memenuhi syarat untuk segera mendaftarkan dirinya. “Direktur Jenderal Pajak dan Kepala BKF untuk Eselon I.a. Staf Ahli untuk Eselon I.b,” jelas Mardiasmo seperti yang dilansir dari Kemenkeu.go.id, Rabu (12/11/2014).

Registrasi untuk keikutsertaan dilakukan mulai tanggal 12 November 2017 sampai 21 November 2017 yang bisa dilakukan secara online melalui website www.kemenkeu.go.id atau www.seleksijabatan-terbuka.kemenkeu.go.id.

Bukan itu saja, surat lamaran dan juga dokumen persyaratan administrasi harus menggnakan amplop tertutup yang ditujukan kepada Wakil Menkeu yang juga menjadi Ketua Panitia Seleksi Melalui PO BOX 1000 JKP 10000, dengan batas akhir pengiriman 21 November 2017 Cap Pos.

Sedangkan untuk persyaratan yang harus dipenuhi oleh para peserta yaitu:

a. Berstatus sebagai PNS, sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Utama (Gol. IV/c) untuk jabatan Direktur Jendral Pajak, dan sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Tingkat I (Gol. IV/b) untuk jabatan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan Staf Ahli, serta telah menduduki jabatan struktural Eselon II/jabatan fungsional yang setara dengan Eselon II;

b. Memiliki masa kerja pada jabatan Eselon II/jabatan fungsional yang setara dengan Eselon II sekurang-kurangnya selama empat tahun untuk jabatan Direktur Jendral Pajak, tiga tahun untuk Kepala Badan Fiskal, dan dua tahun untuk jabatan Staf Ahli;

c. Berusia setinggi-tingginya 58 tahun pada 31 Desember 2017.

Lamaran ditujukan kepada Wakil Menteri Keuangan selaku Ketua Panitia Seleksi dengan dilengkapi:

  1. Fotocopi SK CPNS dan SK PNS.
  2. Fotocopi SK pangkat terakhir.
  3. Fotocopi SK Jabatan yang pernah diduduki.
  4. Fotocopi ijazah terakhir.
  5. Fotocopi  Kartu NPWP.

    Selain itu surat lamaran juga harus disertai dengan fotocopi DP-3 dua tahun terakhir, fotocopi tanda terima LHKPN bagi yang wajib; fotocopi SPT tahunan terakhir; Surat Keterangan Atasan Langsung yang menyatakan tidak pernah dijatuhi hukuman pidana, hukuman disiplin tingkat sedang dan berat; serta Surat Pernyataan tidak berafiliasi dan/atau menjadi anggota Partai Politik dan tidak pernah menjadi calon legislatif Partai Politik.

    Nantinya para peserta harus melelwati beberapa tahapan yaitu tahap seleksi administrative, penelusuran rekam jejak, uji kelayakan publik, penulisan makalah, pemeriksaan kesehatan, assessment center, wawancara dengan Pansel, wawancara independen, dan juga wawancara dengan Menkeu secara langsung.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top