Kelulusan CPNS Mulai Diumumkan

Tuesday, November 11th 2014. | Berita

pengumuman CPNS 2014

Pengumuman kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil 2014 sudah dimulai, baik untuk instansi pusat maupun daerah. Pengumuman kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil 2014 ini dilakukan oleh pejabat pembina kepegawaian (PPK) berdasarkan hasil pengolahan tes kompetensi dasar (TKD) oleh Panitia Seleksi Nasional Calon Pegawai Negeri Sipil 2014.

Sejauh ini, sudah ada beberapa instansi pusat dan daerah yang mengumumkan kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil nya. Contohnya Kementerian Keuangan. Untuk instansi pemerintah daerah sendiri, terutama bagi yang tidak melaksanakan tes kompetensi bidang (TKD), sudah ada beberapa instansi yang mengumumkan.

Hanya saja, tidak dapat dipastikan secara pasti berapa jumlah instansi yang sudah mengumumkan hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil. Hal ini terjadi karena Panitia Seleksi Nasional hanya memberikan hasil Tes Kemampuan Dasar, sementara mengenai jadwal pengumuman hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil tergantung instansi masing-masing.

Jumlah pasti instansi yang telah mengumumkan hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil belum diketahui secara pasti. Pastinya, berdasarkan laporan yang ada sudah ada beberapa instansi daerah yang mengumumkan kelulusan tes Calon Pegawai Negeri Sipil.

Mengenai mekanisme pengumuman tes Calon Pegawai Negeri Sipil, pejabat pembina kepegawaian hanya mencantumkan hasil yang sudah diberikan dari Panitia Seleksi Nasional. Hasil tes tersebut tidak hanya yang memenuhi passing grade saja, namun juga berdasarkan rangking. Jadi, yang tidak lolos atau tidak memenuhi passing grade juga bisa melihat hasilnya.

Kebijakan tahun ini jauh lebih bagus dibandingkan dengan kebijakan yang diberlakukan pada pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun lalu, yaitu pada tahun 2013. Pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2013 panitia seleksi nasional hanya mengumumkan peserta yang lolos passing grade nya saja, sehingga tidak mencantumkan nama peserta yang gagal lulus/ Untuk perangkingan ditentukan oleh instansi yang bersangkutan. Hal ini tentu saja mengakibatkan masih adanya celah bagi daerah untuk melakukan permainan pada data peserta yang ada. Kini instansi yang bersangkutan tinggal mengumumkan saja. Hal ini memberikan kemudahan bagi mekanisme pengumumannya.


Facebook Google + Twitter
Tags: , ,