Inilah Syarat agar Moratorium Dicabut

Thursday, November 13th 2014. | Berita

Syarat agar moratorium dicabut

Yuddy Chrisnandi selaku Menteri PAN-RB menyatakan rencana moratorium akan dilakukan awal tahun 2015 yang akan berlangsung selama 5 tahun ke depan. Moratorium ini bertujuan untuk efisiensi anggaran belanja pegawai yang dikabarkan telah menelan 40% dari APBN. Namun, pelaksanaan moratorium bisa dihilangkan jika memenuhi syarat yang ditentukan.

Syarat yang ditentukan tidak lain adalah jika semua kebutuhan sudah memadai, struktur organisasi sudah menjadi bagus dan kondisi keuangan negara membaik maka moratoriu bisa segera dihilangkan.

“‎Dalam perjalanan waktu berjalan di tengah kondisi keuangan negara yang sudah membaik, pandangan masyarakat sudah bagus, penataan organisasi sudah bagus, kompetensi meningkat, dan kebutuhan memadai, maka bisa saja dibuka (moratorium) lebih cepat,” ujar Yuddy, Rabu (5/11/2014).

Karena itulah Yuddy meminta kepada masyarakat tidak perlu menanggapi moratorium dengan pemikiran yang terlalu khawatir atau bingung, dengan dilakukannya moratorium ini dapat meningkatkan kualitas PNS dan juga menghilangkan citra buruk PNS di mata masyarakat.

“Ini juga untuk merespon kritik publik yang sering dikatakan‎ PNS kerjanya baca koran, belum jam pulang kantor sudah kosong, kalau lebaran, cutinya panjang,” tutur Yuddy.

Selama ini memang banyak masyarakat yang menilai jika PNS itu selalu bermalas-malasan, kerjanya santai, liburnya panjang, jaminannya juga banyak. Karena itulah moratorium ini diterapkan agar PNS bisa bekerja lebih baik lagi.

Selain itu, tujuan lain dilakukan moratorium yaitu untuk mengurangi belanja aparatur sipil pusat dan daerah sehingga dana tersebut bisa dialokasikan untuk melakukan belanja pembangunan. Dengan kata lain, moratorium juga berfungsi untuk memangkas belanja pegawai yang kian membengkak.


Facebook Google + Twitter
Tags: , ,